Aneh tapi Nyata

Judul macam apa. Ya gapapa yang penting catchy!

Jadi ceritanya, tadi gue mau ke kampus, padahal libur, iseng. Jadilah gue naik angkot mikrolet 44 ke arah Stasiun Tebet. Duduk gue dengan anteng, pasang headset. Di depan Kuningan City, naik dua ibu-ibu bergaya perlente. Cuek pasti dari Kuningan City dan kayaknya mau ke Kota Kasablanka, tipikal emak perlente.

Di angkot mereka ngobrol, headset gue sebenarnya hanya penyamaran, nggak ada lagunya, jadi gue bisa curi-curi dengar. Si emak satu (SES) nanya ongkosnya berapa ke si emak dua (SED).

Berikut percakapannya:
SES: Berapa nih bayarnya?
SED: Kasih aja dua ribu pake recehan (sambil ngeluarin duit receh dari dompet) Nih liat dompet saya bagus ya seragam sama tasnya, kemarin pas lagi sale di Charles&Keith jadi murah banget 200ribu, seragam sama tasnya (nunjukkin tas).
SES: Tasnya Charles&Keith juga ya? Bagus nih. Duh kemarin saya pulang duluan sih jadi nggak sempet liat sale di Gading.
SED: Iya emang saya juga sambil nunggu dijemput deh jadi beli kebetulan murah juga. Ini sendal saya juga beli di Singapur tahun 2011, awet banget sampe sekarang belum rusak.
SES: Wah iya saya juga punya, waktu ke Singapur tapi udah lama banget. (Liat keluar) eh udah sampe nih.

Turunlah dua emak itu di depan KoKas, langsung ngasih duit 4ribu dlm bentuk 2ribuan dan gopean. Si supir terima, diitung, eh si emak udah jauh, tampaklah muka si supir pasrah.

Ya sejak naiknya harga BBM kemarin, tarif angkot dekat itu 2500, menurut gue udah sangat amat murah, ya lonjakan kenaikan bbmnya juga tinggi, gimana caranya mereka bisa kejar setoran kalo orang cuma bayar 2000. Yang ada mereka nombok terus.

Hal aneh di sini, di mana si emak perlente ini dengan santainya ngobrol tentang mewahnya kehidupan mereka, beli dompet aja 200ribu, belanja di Singapur, dsb menurut gue sangat gak pantas mereka bayar mikrolet yang notabene 2500 jadi 2000, 500 ga akan bikin orang2 kayak mereka itu jatoh miskin juga, jadi apa salahnya membayar tepat? Niat dari awal juga jelek, di mana mereka bayar dengan bisik-bisik bayar pakai receh, menurut pandangan gue ini untuk ngelabui supirnya yg biasanya gak ngitung lagi kalo uangnya receh.

Fenomena yang sangat aneh menurut pandangan gue. Ya maafkan diriku udah curi dengar sebanyak itu, tapi ya namanya angkutan umum, gue rasa penumpang yan lain juga ngerasa kok. Well, instrospeksi diri masing-masing lah, jangan karena hal sepele yang gak ngerugiin diri sendiri malah jadi merugikan pihak lain.

posted from Bloggeroid

Aneh tapi Nyata

2 thoughts on “Aneh tapi Nyata

Leave a comment