Sumatera Barat (lagi)

Lanjutin ah..

4 Juli 2013

Kemarin kan udah tuh sampe di Bandara Internasional Minangkabau, terus gue yang udah booking travel AWR ternyata pas nyalain hape, ternyata travelnya udah nelponin berkali-kali, terus dia nelpon lagi katanya pas keluar langsung ke kanan aja cari meja taksi nanti diantar taksi ke tempat travelnya di luar bandara. Saat itu kita nungguin 1 orang lagi, ibu-ibu yang mau ke Bukittinggi. Nggak lama, dateng ibu itu karena lama ngantri ambil bagasi dan ternyata kita satu pesawat haha! Udah deh tuh, kita sampe gak jauh kok, taksinya gratis dibayarin sama orang travelnya. Sampe sana ada uni-uni yang ngelola travel itu kayaknya, terus bayar deh 55.000 per orang, baru naik tadinya 50.000 (semua gegara BBM naik, semuanya naik). Nah ini pas di sini kan udah jam 3-an kayaknya, kebelet pipis, nanya katanya ada di belakang, jadilah gue minta anterin, and tadaaaaa…. look what i got!

Terus wc nya lega banget, banyak pohon kelapa. Tetapi saat itu cuaca lagi mendung, sempet hujan gerimis.

Pas di travel, ternyata ada 2 orang lagi yang belum dateng, jadi kita makan dulu, gue sih cuma ngeteh, karena di sampingnya ada warung makan. Udah datang lah 2 orang itu, kayaknya anak kuliahan. Jadi total orang ada 5 orang, legaaa banget deh, mobilnya bagus juga! Rekomendasi banget nih buat yang cari travel dari bandara Minangkabau ke Bukittinggi, jadi nggak perlu ke kota Padang dulu baru cari bus, worth it daripada buang-buang waktu.

Di jalan, lumayan cepet tapi agak tersendat pas mau masuk daerah Lembah Anai yang ada air terjun di pinggir jalan, dan di sini dilewatin rel kereta, katanya sih ini rel yang ke Pariaman, tapi gue mah nggak tau hehe di mobil travel, si Delai tidur dengan amat sangat lelap, ya maklum, perjalanan jauh dari Jogja-Semarang-Jakarta-Cengkareng-Minangkabau.

Jam berapa ya tuh kayaknya sekitar 3 jam perjalanan, akhirnya sampai deh di Bukittinggi, kesan pertama, buset dingin bener, apa karena udah agak sore ya, kita turun di depan salah satu hotel bagus, dan mencoba untuk mencari penginepan murah karena gue kere. Masuk ke kawasan yang ada jam gadangnya, barbar langsung makan di Sinar Jaya yang di deket Jam Gadang, enak, tapi bingung tiba-tiba dikasih masakan di meja sebanyak banyaknya banyak! Makan berdua kayaknya 37.000 seinget gue, pake emping yang dipakein kuah hehe 😀

mamam di Sinar Jaya

Abis itu, solat maghrib deh sekitar jam 7-an di mesjid yang deket pasar, mesjidnya gede bener, warna ijo. Eh pas itu jam setengah 8-an kan azan Isya, ini nih, si Delai bilang “loh emang tadi bukan solat Isya? Aku tadi solat Isya.” dengan tampang bingung hahahahaha kocaaak. Berasa masih di Pulau Jawa yang azan Isya-nya jam 7-an, entah deh dia solat lagi apa kagak.

Setelah perut full tank, mulai cari penginapan, beuh mahal yak ternyata, mana kamar mandinya shared semua, kalo private, mahal pisan mahaaaaal. Akhirnya kita milih untuk nginep di Hotel Tigo Balai per malamnya 125ribu karena berdua, tadinya 150ribu. Di Jalan A. Yani di bawah Jembatan Limpapeh, dapet kamar di lantai 2. Karena ini kotanya mayoritas muslim yang masih pegang adat kuat yang berlandaskan agama (kayaknya gue doang yang nggak pake kerudung di daerah situ, di samping orang-orang keturunan Cina yang emang tinggal di kawasan itu), untuk kamarnya harus dipisah cowo cewe yang belum nikah, jadi harus nunjukin bukti nikah gitu kalo mau sekamar. Yaudahlah pisah kamar gak masalah, kamarnya depan-depanan juga.

Jam 11 malem mulai ngantuk, mencoba untuk tidur, yaudah… eh dengdeng! Jam setengah 12, di saat gue baru masuk alam bawah sadar, ada yang gedor-gedor pintu kamar, kaget pake sekagetnya, gila apa gue kira ada gempa atau kebakaran atau apa yang jelek-jelek deh, gue kriyep-kriyep banget nih mata, nyari kacamat kagak ketemu, buka kunci, ada sekitar 5 orang berseragam kayaknya dari pemerintah gitu, berbarengan gue buka pintu, si Delai juga buka pintu, dan si orang yang gedor-gedor pintu gue ngeliat ke gue, gimme a smile, and then said “oh yaudah tidur lagi, Mbak” what the…………………………………………….*&I*&Y#%&(**&!!! Ini apaaaaaa? Bangunin gue yang baru terlelap, emosi tengah malem, mencoba tidur lagi…..

5 Juli 2013

Ngobrol sama Delai cari tempat makan, ngomongin kejadian semalem, ternyata itu sweeping rutin ke hotel-hotel kelas Melati (iye kelas melati yang murah) karena menjelang bulan Ramadhan, di berita gue juga baca, dan katanya sih ada pasangan yang ketangkep di hotel lain, tapi bodolah, sensasi awal aja udah bikin gemeter haha.

Hari ini rencana cuma berkeliling Bukittinggi, badan masih pegel-pegel, jadi cuma jalan-jalan sekitar Kebun Binatang, Benteng Fort de Kock, dan Panorama serta Lobang Jepang (Ngarai Sianok).

Btw ini kita sarapan kan, di Bedudal Cafe, cozy banget tempatnya, isinya kebanyakan bule-bule gitu, menunya juga pake Bhs Inggris, tapi enak tempatnya. Recommended buat duduk-duduk ngobrol!

Pancake and hot chocolate for morning breakfast,
our tummy just cant handle that santan things in the morning
Sumatera Barat (lagi)

One thought on “Sumatera Barat (lagi)